Kamis, 26 Desember 2019

Mangga Mahatir, Mangga Jumbo Idola Petani


KIREINABONSAI, 26/12/2019. Mengikuti nama orang kuat Mahatir Mohammad, perdana menteri Malaysia, Mangga Mahatir dipersonifikasikan sebagai mangga yang memiliki keunggulan seperti beliau. Berasal dari Kinabalu Malaysia, kini Mangga Mahatir sudah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Ciri utama dari Mangga Mahatir adalah ukuran buah yang jumbo/besar, jauh lebih besar dari ukuran mangga pada umumnya. Mangga Mahatir bisa mencapai berat rata-rata per buah 3 kg. Selain itu Mangga Mahatir memiliki tekstur daging yang lembut, berwarna kuning cerah serta memiliki rasa yang sangat manis.

Daging buah Mangga Mahatir cukup tebal karena biji buah tergolong kecil. Keunggulan lainnya, Mangga Mahatir termasuk tanaman yang genjah alias cepat berbuah, selain itu Mangga Mahatir dapat tumbuh dengan subur di dataran tinggi maupun dataran rendah.

Untuk membedakan pohon Mangga Mahatir dan jenis Pohon Mangga lainnya sebelum berbuah cukup mudah. Ukuran daun pada Mangga Mahatir lebar  dan panjang, panjang daun bisa mencapai 30 cm. 

Bentuk Buah Mangga Mahatir sangat khas, dengan ciri ujung buah berbentuk paruh burung. Bentuk buah nyaris sama karena keterbatasan jumlah pohon induk sehingga perbanyakan bibit tanaman juga terbatas. Hal ini justru menguntungkan karena bentuk dan ukuran buah masih bisa terjaga dengan baik.

Pohon Mangga Mahatir relatif mudah berbunga dan berbuah. Dengan perawatan intensif, khususnya dalam pemberian pupuk yang benar, pemangkasan serta perawatan harian yang baik.


Untuk mendapatkan hasil yang baik, pilihlah bibit yang diperbanyak secara klonal (bibit vegetatif) bukan yang berasal dari biji. Bibit vegetatif dapat deperoleh dengan berbagai cara; okulasi (tempel mata), sambung pucuk, sambung sisip, sambung susu dari induk terpilih maupun cangkok. Bibit vegetatif memiliki sifat genetik yang sama dengan sifat genetik induknya sehingga kualitasnya terjamin. (AWB)

Informasi dan Pusat Penjualan Bibit Mangga Mahatir dapat menghubungi 

Kireina Bonsai, Telepun/WA: 081802721887




1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...