Minggu, 22 September 2019

Bonsai Itu Sederhana yang Ribet Itu Kamu, Laporan Pameran The Legend Bandung

KIREINA BONSAI, 22/9/2019. Pameran Bonsai The Legend Bandung pada awal bulan Sepetember 2019 menyita banyak perhatian pecinta bonsai Nusantara, termasuk saya. Bandung selalu ada alasan untuk saya kunjungi terutama pameran bonsainya, tak pernah mengecewakan selama saya menyaksikan pameran bonsai di Bandung.

Dibayang-bayangi isue ketidakharmonisan hubungan kepanitiaan penyelenggara Pameran Bonsai, akhirnya pameran dapat digelar tepat waktu dan on target. Jumlah peserta sesuai ekspektasi panitia, lebih dari 500 pohon dari berbagai kategori. Peserta juga datang dari seluruh penjuru Nusantara.
Acara pendukung yang menghadirkan demo pembuatan bonsai yang menghadirkan trainer impor juga sesuai rencana, trainer hadir penonton juga banyak.
Seluruh stand bursa habis terjual, jumlahnya lebih dari 50 stand. Pedagangnya berasal dari seluruh Indonesia, semua laku, semua melakukan transaksi.
Saya datang pada saat akhir acara pameran, Minggu 8 September 2019, pagi hari jam 6 pagi, masih lengang sehingga saya leluasa menikmati satu demi satu bonsai yang dipamerkan. Beberapa bonsai sudah dipacking siap untuk di bawa ke pemiliknya, bahkan sudah ada yang diambil pada malam sebelumnya. Namun tak banyak, masih banyak yang tertinggal di lokasi Pameran.
Bandung adalah surganya cemara/juniperus dalam benak saya, namun saya hanya menemukan beberapa cemara saja sisanya berbagai jenis tanaman bonsai lainnya seperti; ficus, sisir, serut dan masih banyak lagi.
Di bawah rerindangan pohon pelindung di Bale Pare Kotabaru Bumi Parahyangan Bandung Barat, ratusan pohon kontes tersebut didisplay cukup indah. Dua jam tak terasa saya menikmati keindahan bonsai-bonsai yang di pamerkan. 
Puas menikmati pameran, saya menuju ke stand bursa. Berjajar stand bursa jumlahnya lebih dari 50 stand, sebagian sudah kosong entah laku atau pedagangnya sudah pulang. Namun dari beberapa kabar yang diwartakan melalui media sosial, beberapa stand barangnya diborong semua oleh seorang kolektor. Alhamdulillah.
Ini adalah pameran dengan stand terkomplit yang pernah saya kunjungi, semua jenis pohon ada, mulai dari benih, bibit, bakalan, setengah jadi sampai bonsai siap kontes juga ada. Sebagian berasal dari Jawa Barat tapi pedagang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura bahkan Lampung ada di pameran kali ini. 
Isue keretakan kepanitiaan Pameran Bonsai di Bandung tak begitu terasa di Pameran Bonsai. Pameran tetap jalan, bursa tetap laris. 
Nun jauh di sana, isue tak sedap tentang organisai yang menjadi rumah bagi penggemar bonsai sedang kisruh. Masing-masing kubu saling serang di media sosial, tak ada yang mau ngalah apalagi ngaku salah. ribet banget!!! Masalah yang sejak puluhan tahun ada, tak pernah selesai tapi bonsai di Indonesia tetap jalan, pameran tambah meriah dimana-mana.
Bonsai Itu sederhana yang ribet itu kamu!!! Iya kamuuu... (AWB)

Berikut adalah sebagian bonsai yang ada di kontes The Legend Bandung





















2 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...