Sabtu, 25 Mei 2019


Harapan Baru Agrobisnis Indonesia

KIREINA, 25/05/2019. Mengunjungi Pameran Produk UKM "GREBEK LEBARAN" di alun-alun Sewandanan Pura Pakualaman pagi ini Sabtu (25/5/2019) menjadi pengalamanku yang tak terlupakan. Utamanya karena aku menyaksikan sendiri bagaimana produk-produk agribisnis rumahan dapat dikemas sedemikian menariknya sehingga memiliki daya jual yang lebih baik.
Ketr. pisang di halaman rumahku selalu berbuah bergantian sepanjang waktu

Keluargaku di rumah memiliki kegiatan sampingan yakni berkebun, aneka tanaman buah-buahan mulai dari; pisang, pepaya, jeruk, jambu, kelapa,  alpukat sampai durian dibudidayakan di halaman  yang tidak lebih dari 500 meter persegi. Sepanjang tahun tanaman tersebut berbuah bergantian, sehingga kami tidak pernah membeli buah-buahan karena semua buah tercukupi dari halaman rumah. Bahkan beberapa kali kami dapat menjualnya ke pedagang. Ingin sekali kami menjual hasil kebun kami tersebut dalam bentuk makanan olahan agar mendapat harga yang lebih baik. Karena sifat buah yang musiman, ketika musim panen tiba, buah melimpah harga tidak seberapa sehingga buah-buahan tersebut hanya dibagikan ke sanak saudara atau tetangga beberapa bahkan dibiarkan busuk.

Ketr. Produk Olahan Kreatif yang Menginspirasiku

Hari ini aku beruntung sekali, menemukan aneka produk olahan makanan  dari hasil pertanian di pameran produk UKM yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM bersama PLUT DIY. Criping pisang yang biasa aku temukan dijual bal-balan di pasar tradisional dengan harga yang murah, hari ini menemukan dalam kemasan yang modern mirip di toko-toko modern berjejaring atau supermarket. Dengan harga Rp 15.000,- kita bisa membawa pulang satu kemasan berisi 250 gram, padahal dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan 1 kg criping pisang di pasar tradisional. Tentu sangat murah jika kita bandingkan apabila kita membeli produk tersebut di supermarket. 
Ketr. Produk Olahan Pertanian Lainnya

Pada sisi yang lain aku  mengunjungi stand TaniHub , connecting farms with people aplikasi pertanian yang dapat diakses oleh siapa saja. Produknya beragam, mulai dari jeruk, pepaya, semangka, melon dan produk pertanian lainnya semua ada di TaniHub. Aku takjub usaha pertanian yang lekat dengan tanah, pupuk kandang, kerja keras yang terkesan tradisional dan kotor sekarang menjadi kegiatan usaha bisnis yang banyak diusahakan, pakai aplikasi lagi. Tak ketinggalan dengan jenis usaha kekinian yang sedang trend. Sudah tentu ini akan membantu banyak petani dimanapun berada dalam mejual produk-produknya.
Ketr. Toko Tani Indonesia, Harapan Baru Agribisnis

Toko Tani adalah stand berikutnya yang aku kunjungi, aneka produk pertanian dikemas berbeda dijual di toko tani. Mengandalkan produk tani organik, Toko Tani berusaha berkembang menggapai konsumennya. Produk-produk pertanian organik memiliki keunggulan dibandingkan produk yang non-organik, salah satunya adalah tahan lama. Selain itu produk organik diyakini lebih sehat karena terhidar dari obat-obatan kimiawi. Trend hidup sehat dengan makanan organik sedang melanda dunia seiring dengan kesadaran manusia untuk kembali pada pengurangan produk kimiawi. Toko Tani akan menjadi pelopor produk organik pertanian di Indonesia.
Teori lama yang aku dapatkan dari buku-buku pelajaran di sekolah tentang agribisnis selama ini, baru terasa benarnya ketika aku menyaksikan pameran kali ini. Bahwa produk pertanian ini akan berkembang dan menghasilkan jika; bahan bakunya melimpah, mampu mengolah menjadi produk yang memiliki nilai tambah dan bisa menjual. Sementara ini keluargaku baru bisa menanam menghasilkan aneka buah yang berlimpah namun belum mampu mengolah agar memiliki nilai tambah yang lebih apalagi menjualnya.
Pameran kali ini membuka mataku, bahwa kita mampu berkreasi dengan produk-produk kebun yang aku miliki di rumah, mengolahnya menjadi produk yang memiliki nilai jual kemudian menawarkannya kepada orang lain melalui berbagai media seperti pameran, toko tani, aplikasi TaniHub maupun ditawarkan melalui media sosial. Kalau ini berhasil tentu, tidak hanya keluargaku yang tambah penghasilannya, masyarakat yang lain pun akan mengikutinya. Semoga agribisnis Indonesia semakin maju. (Kireina)

2 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...