Minggu, 12 Mei 2019

Secercah Harapan Petani Buah Indonesia



KIREINA, 12/05/2019. Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke Jakarta untuk sebuah keperluan keluarga, saya diajak mampir ke sebuah toko yang khusus menjual buah-buahan dan sayuran oleh saudara saya. Toko ini dikelola secara modern, luas, tertutup kaca, full ac, semua produk tertata rapi  pada rak dan pengunjung bebas memilih sendiri secara swalayan. Nama toko tersebut adalah All Fresh Fruit Store Indonesia.
All Fresh Fruit Store Indonesia menjual produk buah dan sayur baik lokal maupun impor. Semua dijual dalam keadaan segar, buah-buahan yang dijual cukup komplit mulai dari ceplukan, kelengkeng, pisang, pepaya, buah naga, mangga, jeruk, alpukat, melon, semangka, durian berbagai jenis dan banyak lagi buah lainnya demikian juga dengan sayurannya. Buah-buah lokal Indonesia ditata berdampingan dengan buah impor, saling bersaing namun anehnya buah lokal Indonesia lebih banyak dicari konsumen, padahal harganya sama-sama mahal. Buah lokal memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan buah impor, selain kualitasnya lebih baik, memilih buah lokal untuk dikonsumsi berarti membantu masyarakat petani di Indonesia.

All Fresh Fruit Store Indonesia memiliki 10 gerai toko di Jakarta dan sekitarnya, semua tokonya ramai pengunjung sehingga bisa dipastikan pasokan buah ke toko tersebut juga besar. Nun jauh di sana, di pasar-pasar tradisional, warung buah di pinggir jalan dan di pasar-pasar sentra buah dan sayur tren buah lokal semakin baik. Pada lapak-lapak pedagang mudah ditemui buah-buah lokal disbandingkan dengan buah impor. Hal ini berbeda dengan 5 sampai 10 tahun yang lalu dimana buah impor justru mudah ditemui dibandingkan buah lokal.
Era sekarang adalah saatnya petani buah Indonesia berdaya, ketika permintaan buah lokal semakin tinggi, distribusi semakin lancar tidak ada alasan lagi bagi petani buah untuk tidak mengembangkan pertanian buahnya. Pemerintah membangun infrastruktur secara masif sehingga menunjang jalur distribusi dari petani di desa sampai pada pedagang besar di kota. Jeruk Banyuwangi yang dulu membutuhkan waktu lebih dari 3 hari untuk sampai ke Jakarta sekarang bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 hari saja.

Lampung lebih dekat ke Jakarta, semua bisa ditanam di Lampung sehingga buah dan sayur dapat dengan cepat dan murah sampai Jakarta. Namun buah lokal memiliki keunikan sendiri, salak pondoh Sleman mungkin banyak dibudidayakan di Lampung namun Salak Pondoh yang ditanam di Sleman memiliki keunggulan dibandingkan yang dari Lampung, lebih manis dan masir mungkin. Durian Bawor hanya yang berasal dari Banyumas lah yang dicari konsumen demikian juga dengan buah lainnya, nanas madu Purwakarta, mangga harum manis di Probolinggo, mangga golek dari Indramayu, apel dari Malang, melon dan semangka dari Kulon Progo dan Sragen dan seterusnya.
Permintaan buah lokal saat ini semakin tinggi sementara stok buah lokal di petani tidak sebanding dengan permintaan tersebut sehingga harga di konsumen masih relative mahal. Buah bukan produk pabrikan, ia harus diusahakan melalui budidaya, butuh waktu untuk menghasilkan buah siap jual. Namun bisa direncanakan, dikelola agar berkah permintaan yang tinggi akan buah lokal ini menguntungkan bagi petani buah di Indonesia. Jangan sampai buah impor kembali membanjiri Indonesia lagi.
Membudidayakan tanaman buah harus dimulai dari pemilihan bibit unggul, hanya buah-buahan berkualitas baiklah yang akan bertahan di pasar dan dipilih konsumen selain itu juga dibutuhkan bibit tanaman yang berbuah lebih cepat. Petani Indonesia sudah sangat paham dengan hal tersebut. Bibit buah unggulan sudah banyak di usahakan di Indonesia, di Salaman Magelang semua bibit buah-buahan unggul tersedia dengan harga yang sangat terjangkau demikian juga di daerah Pituruh, Purworejo Jawa Tengah.

Ini adalah era dimana petani buah Indonesia berdaya. Secercah harapan ini harus disamput dengan sukacita dan kerja keras, agar petani Indonesia kembali Berjaya. Salam Tani (AWB). 

2 komentar:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    BalasHapus

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...