Selasa, 21 Februari 2023







 Ciri-Ciri Kambing Bunting

KireinaBonsai, 21/2/2023. Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengetahui kambing/domba bunting. Bagi yang masih aam atau pemula menggeluti ternak kambing/domba agak sulit untuk mengidentifikasi seekor kambing/domba bunting atau tidak. Kesulitan tersebut sering dimanfaatkan oleh "pedagang makal" untuk memberikan informasi yang palsu tentang kondisi sesungguhnya  untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi.


Agar kita terhidar dari penipuan "pedagang nakal" yang menjual kambing/domba tidak bunting dengan mengatakan bunting sehingga kitamembayar lebih mahal, maka sebaiknya kita mengenali tanda-tanda kambing/domba bunting. Berikut ini adalah ciri-ciri atau tanda-tanda kambing//domba hamil/;

1. Kambing yang usia kebuntingannya masih dibawah 2 bulan masih sulit dipastikan kebuntingannya. Secara ciri fisik masih sama dengan kambing yang belum bunting, kambing/domba yang bunting diusia ebuntingan dibawah 2 bulan dapat diketahui melalui perilaku kambing/domba. Perilaku kambing/domba yang masih diawal-awal masa kenuntingan biasanya makannya lebih rakus, tidak agresif, dan terlihat tenang. Akurasi dengan pengamatan perilau ini belum bisa untu menentukan kepastian kambing/domba itu bunting atau tidak.

2. Usia kebuntingan di atas 2 bulan bisa diketahui dari ciri fisik perut kambing/domba terlihat gemuk atau membesar. Perut membesar pada kambing/domba tidak hanya karena bunting tetapi bisa juga karena kembung ataupun habis melahirkan. Perut kambing/domba yang membesar karena kembung biasanya kambing/domba terlihat resah, kurang bergairah dan terlihat lesu sedangkan yang membesar karena bunting, kambing/domba tetap terlihat sehat. Kambing/domba yang habis melahirkan biasanya perut membesar dan baru mengecil stelah 1 bulan. Cara membedakan kambing/domba yang habis melahirkan dan bunting adalah pada bagian dubur dibawah ekor. Jika dubur masih rapat berarti ambing/domba itu hamil dan sebaliknya. Bekas darah yang mengering diseitar dubur juga bisa menjadi petunjuk jika kambing itu baru saja melahirkan.

3. Payudara/susu kambing/domba yang usia kebuntingannya diatas 2 bulan akan terlihat membesar dan turun, puting juga terlihat membesar serta berisi. Jika puting dipencet dengan jari akan mengeluarkan cairan putih kecoklatan dan lengket. Semakin usia kebuntingan makin tua maka cairan susu smakin banyak dan terlihat penuh.

4, Jika kebuntingan kambing/domba sudah memasuki usia diatas 4 bulan maka kita bisa mendeteksi dengan cara meraba perut kambing/domba. Janin pada perut kambing/domba yang usia kebuntingannya di atas 4 bulan akan terasa pergerakannya jika diraba dengan tangan, baik itu pergerakan halus seperti detak jantung maupun pergerakan badan dari janin tersebut.

5. Saat kambing/domba sudah mendekati masa kelahirannya, maka induk kambing/domba akan mulai resah, tidak tenang. Beberapa induk kambing/domba mengembik lebih keras mencari perhatian namun ada juga yang diam saja saat proses kelahiran.

Demikian ciri-ciri atau tanda kambing/domba mengalami kebuntingan, semoga menambah informasi dan bermanfaat. AWB

Saksikan vidionya di : https://www.youtube.com/watch?v=Upx3ntNuqk4&t=40s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...