Rabu, 22 Februari 2023

 MEMBUAT TAMAN MINIMALIS



Kireinabonsai, 23/1/2023. Bagi rumah modern, keberadaan taman merupakan suatu kebutuhan. Taman tidak hanya pelengkap sebuah rumah, lebih dari itu keberadaan taman akan membuat rumah semakin asri dan membuat penghuninya betah di rumah. Bagaimana cara membuat taman sederhana yang asri, indah dengan biaya yang terjangkau?

Untuk membuat taman rumah ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum dikerjakan. Prasyarat ini untuk menentukan desain, jenis tanaman dan ornamen yang diperlukan agar taman yang kita buat tetap asri, subur dan tahan lama. Beberapa yang harus diperhatikan sebelum membuat taman adalah 





1. Kondisi Lokasi

Bagaimanakan intensitas cahaya di tempat tersebut, jika intensitas cahayanya bagus 70% terkena sinar matahari sepanjang hari maka dipilih jenis tanaman yang kuat dan tahan subur terhadap keadaan tersebut. Kita bisa memilih jenis tanaman berkayu keras seperti buah berdaun kecil, serut, ficus, cemara udang, podocarpus, dan tanaman lainnya. Sedangkan untuk rumput kita bisa menggunakan rumput manila/jepang yang memang sangat optimal pertumbuhannya di daerah uang panas. Sedangkan untuk lokasi yang intensitas cahayanya kurang kita bisa memilih jenis tanaman perdu' anthorium, aglaonema dan untuk jenis rumputnya bisa memilih rumput gajah mini yang tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedangkan untuk lokasi yang ada di dalam rumah dimana intensitas cahaya matahari dibawah 15 % kita bisa memilih taman kering, jesis tanaman kaktus, sukulen dengan cover media bebatuan serta pasir putih atau pasir malang.

2, Desain

Desain taman dibuat sesuai dengan keinginan pemilik rumah dengan pertimbangan kondisi lahan. Desain taman antartaman biasanya berbeda-beda, arena menjadi cerminan karater pemilik rumah. Pembuat taman harus jujur menjelaskan tentang jenis-jenis pohon yang bisa hidup subur  di lokasi taman yang akan dibuat, juga bisa menjelaskan konsep desain taman yang akan dibuat kepada pemilik rumah. Desain yang asal-asalan akan membuat pekerjaan tidak efektif dan mencapai tujuannya yakni membuat taman yang asri.

3. Anggaran Biaya

Anggaran Biaya akan menentukan jenis-jenis pohon dan ornamen yang akan dipilih. Jenis-jenis pohon tertentu yang unik dan langka seperti plumeria purba, blue sikas, dion edule , podocarpus adalah jenis-jenis pohon taman yang masih tinggi harganya. Untuk harga menengah kita bisa memiih cemara udang, serut, ficus dan beberapa jenis lokal yang dijual di tukang taman. Ornamen bebatuan marmer alam merupakan jenis ornamen yang mahal sedangkan untuk yang murah meriah kita bisa mencari batu karang yang eksotik.

Setelah kondisi lingkungan, konsep desain dan anggaran biayanya diketahui ita bisa memulai mengerjakan taman tersebut, dimulai dengan 

1. Persiapan lahan

Lahan yang akan dibuat taman harus dipersiapkan terlebih dahulu, pembersihan dari tanaman liar, komponen yang tidak diperlukan serta mengetahui tingat kesuburan lahan dimaksud. Jika diperlukan kita bisa mengolah lahannya lebih dahulu dengan menambakan pupuk organik maupun kapur dolomit untuk mengatur kandungan Ph tanahnya. Selain itu kita juga bisa mengatur permukaan atau kontur tanahnya sesuai konsep yang diinginkan.

2. Pemilihan Tanaman

Jika lahan sudah dipersiapkan, saatnya kita berburu tanaman yang akan mengisi taman tersebut. Pemilihan tanaman disesuaikan dengan konsep dan anggaran yang tersedia. Untuk taman-taman minimalis kita bisa optimalkan dengan tanaman yang kita miliki di rumah yang coco dengan desain. Sedangkan jia menginginkan tanaman yang lebih baik kita bisa membeli di kios bunga tanaman-tanaman topiari yang memang sudah dipersiapkan untuk membuat taman.

3. Seting

Setelah lahan dan tanaman siap kita bisa langsung mensetingnya di lahan yang sudah tersedia sesuai desain. Tanaman-tanaman dan ornamen yang besar bisa ditanam/diset lebih dulu, selanjutnta tanaman atau ornamen yang lebih kecil. Perhatikan komposisi dari tanaman dan ornamen yang kita set agar taman tetap indah dan asri dipandang mata. Jika tanaman dan ornamen sudah terpasang semua maka terakir adalah penanaman rumput atau cover media. Pilih rumpu yang sesuai dengan kondisi lokasi.

Proses pengerjaan taman selesai, sampaikan hasil kerja ke klien, jika perlu penambahan /perubahan bisa dilakukan. Jika klien sudah puas dengan pengerjaan tersebut maka selanjutnya adalah perawatan.

Sampaikan keterangan ke kien tentang tata cara perawatan, penyiraman dan penyiangan rumput liar, pruning dan sebagainya, Jia dirasa perlu maka pembuat taman memberikan garansi perawatan sampai 2 bulan ke depan. AWB


Vidio lengkap Cara Membuat Taman Minimalis dapat disaksikan di  https://www.youtube.com/watch?v=Ab_fc0PEdfQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...