Kamis, 23 Februari 2023

 Mengenal Pisang Morosebo



ireina Bonsai, 23/2/2023.  Morosebo termasuk dalam family pisang cavendish (Musa acuminata Cavendish) yang didalamnya ada pisang ambon, barangan, sunpride dan lainnya. Pohonya yang cebol menyebabkan pisang morosebo banyak digemari oleh masyarakat untuk penghias taman.

Beberapa keunggulan pisang morosebo dibandingkan jenis lainnya

1. Pohonnya pendek/cebol, postur pohon pisang morosebo tidak bisa tinggi, pohon pisang morosebo tertinggi yang pernah kami temui seitar 1,5 meter. Rata-rata pohon ini berbuah ketika tonggi pohon sudah mencapai 1 meter. Meskipun berpostur pendek, pohon ini tetap bisa berbuah dengan normal.

2. Rasa buah manis, legit dan segar

Seperti jenis cavendish lainnya, morosebo juga memiliki rasa buah yang manis, legit serta segar. Besaran buah sama dengan pisang cavendish jenis sunpride, hanya kulinya berwarna hijau meskipun buahnya sudah masak.

3. Adaptif di semua kondisi lingkungan. Pisang Morosebo bisa tumbuh di dataran tinggi yang udaranya dingin dan bisa juga tumbuh dengan baik di dataran rendah yang panas. Semakin dingin tempatnya, pelepah daun pisang morosebo semakin panjang.


Meskipun punya beberapa keunggulan di atas, ternyata pisang morosebo tidak disukai oleh para pedagang. Penyebabnya karena pisang morosebo tidak tahan lama jika sudah masak, buahnya gampang rontok (mrotoli) sehingga menyusahkan para pedagang dalam menyimpannya maupun mendistribusikan ke konsumen.

Pohon pisang morosebo sangat ideal untuk penghias taman di depan rumah, posturnya yang pendek dan bisa berbuah lebat sangat menarik bagi siapa saja yang melihatnya. AWB

Vidio lengap tentang pisang morosebo di https://www.youtube.com/watch?v=0VLNajGJ630&t=26s

Vidio Pisang Morosebo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...