Jumat, 12 Juni 2020

LOHANSUNG Bonsai Terbaik Sepanjang Masa

LOHANSUNG
Bonsai Terbaik Sepanjang Masa



KIREINA, 13/6/2020. Apakah jenis bonsai terbaik sepanjang masa? Tergantung pada siapa kita bertanya. Kalau kita bertanya pada pedagang tentu jawabannya adalah bonsai yang paling banyak ia punya alasannya klasik agar dagangnya laku. Kalau kita bertanya pada kolektor tentu akan dijawab jenis bonsai terbaik sepanjang masa itu adalah  bonsai yang ia miliki sesuai selera kolektor tersebut. Untuk mendapatkan jawaban yang relevan dan adil kita perlu bertanya pada para penghobi yang sudah memiliki jam terbang tinggi, sudah lama terjun dalam di dunia bonsai dan saya yakin jawabannya sebagian besar pasti jenis bonsai lohansung (podocarpus macrophyllus).
Banyak alasan kenapa bonsai jenis lohansung kami pilih sebagai bonsai terbaik sepanjang masa. Tentu karena jenis bonsai ini memiliki beragam keuanggulan dibandingkan dengan jenis bonsai lainnya. Keunggulan-keunggulannya antara lain adalah:
  1. Daun tebal, mengkilat seperti plastik. Lohansung adalah salah satu jenis bonsai yang tampilan secara keseluruhan menyerupai plastik. Daun yang mengkilat serta tekstur cabang dan ranting yang halus berwarna hitam. Sekilas melihat bonsai lohansung seperti melihat pohon mainan. Selain mengkilat, ukuran daun juga mudah dikecilkan.
  2. Tekstur kulit batang dan cabang pohon yang halus berwarna coklat kehitaman mengesankan karakter ketuaan dan elegan sebuah pohon.
  3. Kayu pohon lohansung sangat keras, di Negara Jepang kayunya digunakan untuk bahan bangunan
  4. Mudah beradaptasi dengan iklim suatu daerah
  5.  Syarat hidupnya mudah


Selain itu, di beberapa Negara menganggap jenis pohon bonsai ini dapat  membawa hoky bagi pemiliknya.


Seperti juga dengan jenis pohon lainnya, sebagai pohon bonsai, lohansung juga memiliki kekurangan yakni perumbuhannya lambat, susah dicangkok serta kayu batangnya keras sehingga sulit dibentuk jika sudah besar.


Kekurangan-kekurangan itulah yang justru menyebabkan jenis bonsai pohon lohansung susah didapatkan sehingga harganya relative mahal. Pertumbuhan yang lambat menyebabkan sedikit sekali stock lohansung yang ukuran batangnya besar proporsional untuk bahan bonsai. Meskipun susah dicangkok, pohon lohansung dapat diperbanyak dengan cara di stek pucuk ranting dan menanam benihnya oleh karena itu pembesarannya juga cukup lama. Batang pohon lohansung yang sudah besar susah sekali untuk dibentuk meskipun dengan kawat bonsai terbesar. Selain keras, bila dipaksakan dapat menyebabkan patah.

Beberapa penghobi menggunakan tehnik pecah batang dan pemotongan sebagian batang untuk dapat membentuk atau membuat tekukan pada batang pohon lohansung yang berukuran besar. Namun tentang tingkat keberhasilannya belum diketahui. Kerusakan pada jaringan kambium pada batang lohansung cukup beresiko menyebabkan kematian karena kulit kambium yang cukup tipis.


Metode konvensional yang masih digunakan hingga saat ini adalah dengan melakukan pembentukan atau penekukan batang saat pohon masih berukuran kecil, bertahap hingga pohon membesar. Saat besar pohon sudah cukup nyaman dilihat karena sudah dibentuk sejak pohon masih kecil. Cara ini memiliki resiko kematian yang rendah, namun memerlukan waktu yang cukup lama.

Dewasa ini banyak ditemukan jenis lohansung, perbedaan jenis pohon lohansung terletak dari karakter daunnya. Dilihat dari bentuk dan karakter daunnya jenis lohansung antara lain; lidah burung, mawar, mikro, biru, botol, pucuk merah, cincuan dan masih banyak jenis lainnya. (AWB) 

Lihat vidio selengkapnya di : https://youtu.be/BqeljmYqmkA

Informasi dan Penjualan
Bibit dan Bonsai Lohansung

Telp./WA: 081802721887


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...