Selasa, 16 Juni 2020

RESTORING DAMAGE BONSAI

Restoring Damage Bonsai


Kireina, 26/6/2020. Seni Bonsai adalah seni yang hidup, artinya punya risiko untuk rusak bahkan mati. Hal ini harus disadari oleh para penghobinya, agar jika suatu saat bonsai kesayangannya rusak atau bahkan mati tidak kecewa atau justru punya cara mengatasinya.




Meskipun kita sudah merawat bonsai tersebut dengan sangat baik dan hati-hati namun kemungkinan terburuk selalu datang. Kadang kita berharap ada cabang yang tumbuh ke arah kanan, tapi justru ke kiri atau sebaliknya. Kadang juga pertumbuhan pohon yang kita inginkan tidak terlalu subur bahkan cabang utamanya mengalami kematian.



Bagi penghobi yang sudah memiliki wawasan tentang berbagai macam bonsai tentu tidak masalah, bonsai tersebut dapat di kemas ulang/restyling/diperbaiki kembali menjadi bonsai dengan gaya yang berbeda.




Meskipun resiko kerusakan bonsai tidak bisa dihindari, restyling bonsai yang mengalami kerusakan banyak keuntungannya:

  1. bonsai sudah mapan, akarnya sudah kuat, tumbuh normal, percabangannya seimbang.
  2. gaya bonsai yang baru menyesuaikan trend yang sedang berkembang sehingga update
  3. bonsai langsung dapat dinikmati karena tidak melalui proses panjang



Sebelum melakukan restyling, seniman meski memiliki banyak referensi tentang gaya bonsai yang ada. Seniman dapat mencoba berbagai gaya sampai ditemukan gaya paling baik dari bonsai tersebut.

Kadang-kadang bonsai hasil dari restyling bisa lebih baik dari bonsai konsep awal saat bonsai itu dibuat. Semoga bermanfaat. AWB

Ikuti vidionya di: https://youtu.be/y54A9d0Fk_0

Informasi, Penjualan dan Perawatan Bonsai

Telp./WA: 081802721887


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...