Kamis, 04 Juni 2020

Panen Beringin Kimeng (Ficus Microcarpa) Hasil Budidaya

Panen Beringin Kimeng (Ficus Microcarpa) Hasil Budidaya



Kireina, 4/6/2020. Bonsai budidaya semakin digemari oleh masyarakat pecinta bonsai beberapa tahun terakir. Selain karena lebih ramah lingkungan, bonsai hasil budidaya memiliki bentuk dan karakter pohon lebih baik karena sejak awal pembudidaya sudah mengarahkan calon bonsai tersebut sesuai keinginan. Berikut ini adalah salah satu cara memanen bonsai hasil budidaya, dari mengambilnya di lahan sampai dengan menanamnya kembali ke dalam pot bonsai.


Sebenarnya memanen/mengambil/mendongkel atau apapun istilahnya untuk memindahkan calon bonsai dari alam liarnya ke dalam pot bonsai jauh lebih mudah apabila bonsai tersebut adalah hasil budidaya dibandingkan bonsai yang hidup di alam liar, Bahan bonsai yang dibudidayakan sudah dikondisikan sedemikian rupasehingga saat pengambilan/pemindahannya minimal resiko kematian, sedangkan bonsai yang diambil dari alam liar memiliki resiko kematian tinggi karena bahan bonsai tersebut tidak dikondisikan untuk di tanam kembali kedalam pot.

Salah satunya adalah memberikan alas/dasar berupa karpet atau plastik tebal di bawah pohon sebelum pohon itu ditanam ditanah untuk mencegah akar pohon tumbuh menghujam ke bawah sehingga hanya akar ke samping saja yang dipelihara agar hidup lebih baik.


Cara memanen/memindahkan bonsai budidaya ke pot tidak terlalu sulit, apalagi jenis yang beringin yang mudah hidup. 

1. Persiapkan pot dan media untuk menanam bonsai tersebut. Ukur lingkar bola akar pohon disesuaikan dengan pot yang akan dipakai untuk menanam. Sesuaikan bentuk pot dengan gaya/bentuk pohon yang akan ditanam. Untuk media tanam dapat menggunakan campuran humus, tanah sawah dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.


2. Kurangi ranting pohon untuk menghindari pengupan. Sisakan hanya cabang dan ranting yang benar-benar dipakai untuk bonsai tersebut. Sisakan beberapa helai daun dalam setiap cabang/ranting untuk memancing tunas baru.

3. Potong akar dengan hati-hati. Akar yang menghunjam ke bawah sebisa mungkin untuk dipotong sisakan hanya akar yang hidup kesamping dan mendukung tampilan pohon secara utuh.


4. Tanam pohon di dalam pot, usahakan tidak ada rongga dalam pot agar pertumbuhan akar tidak terganggu. Pastikan lobang pot dibawah tidak tersumbat untuk membuang kelebihan air dalam pot serta menjaga porousitas media.


5. Taruh pohon sementara di tempat teduh atau ternaungi dari sinar matahari secara langsung untuk menghindari penguapan.


6. Bila diperlukan dapat ditambahkan vitamin B1 komplek untuk mengurangi stress pohon.


Demikian cara memindahkan beringin kimeng dari tempat budidaya ke dalam pot bonsai. Semoga bermanfaat. (AWB)


Tonton vidionya di : https://youtu.be/gbsYoDrefs0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...