Selasa, 16 Juni 2020

Making Extreme Bonsai

Making Extreme Bonsai

Kireina, 15/6/2020. Bonsai ekstrim atau dikenal juga sebagai bonsai kontemporer merupakan gaya bonsai yang mulai berkembang sepuluh tahun terakhir di dunia. Gaya ini hadir melengkapi gaya konvensional yang sudah ada sebelumnya. 

Setelah sekian ratus tahun gaya bonsai terpaku pada gaya konvensional yang didominasi oleh gaya Jepang dan Cina, maka muncul gaya-gaya baru bonsai yang lebih segar. Gaya baru tersebut tercirikan dari pola gerakan pohon, tekukan cabang, perantingan, pot atau wadah bonsai dan penampilan secra umum  yang drastis/ekstrim sehingga lebih dikenal sebagai bonsai ekstrim.

Awal munculnya gaya ini sekitar sepuluh tahun yang lalu mengalami banyak penolakan, utamanya para penghobi yang berkiblat pada gaya-gaya konvensional. Mereka beranggapan bahwa seni karya bonsai merupakan seni yang memiliki pakem sendiri yang diwariskan secara turun temurun, sehingga karya yang tidak umum yang keluar dari pakem  bukan termasuk bonsai.
Bagi awam, kehadiran "gaya baru" ini membawa kesegaran, spirit dan semangat lebih baik. Banyak penggemar baru yang mulai tertarik dengan gaya-gaya nyeleneh yang ditampilkan secara tidak umum dalam karya bonsai ekstrim.

Akhirnya setelah sekian lama, kehadiran bonsai ekstrim makin diterima oleh masyarakat luas. Kita dapat menyaksikan dalam pameran-pameran bonsai di tanah air, justru karya kontemporer/ekstrim porsinya jauh lebih banyak dibanding yang klasik atau konvensional.

Apa pakem gaya ekstrim? Meskipun bergaya bebas/ekstrim/kontemporer, bonsai gaya ini tidak bisa lepas dari pakem dasar dalam seni bonsai, yakni:

1. Logika Botani, bonsai merupakan karya hidup sehingga aspek botani, tanaman yang ditanam harus tetap rasional sebagai pohon hidup, butuh media tanam, penyiraman, sinar matahari dan sebagainya.
2. Gerak dasar pohon, selain 6 gaya klasik yang sudah ada, gaya bebas membverikan ruang lebih banyak lagi gaya yang dapat dieksplore oleh seniman untuk ditampilkan. Kuncinya pada pengalaman seniman melihat pohon di alam nyata.
3. Liukan dan tekukan drastis/ekstrim BUKAN ciri utama dalam gaya bonsai ekstrim yang lebih penting adalah penampilan secara keseluruhan yaitu padu padannya penampilan pohon dengan pot dan asesoris pendukungnya.
Tentu masih ada yang lain tentang ciri-ciri gaya bonsai ekstrim. Seniman dapat terus menggali potensi dengan lebih banyak referensi di dunia nyata. Kadang kala dramatisasi pohon yang ada di alam menjadi inspirasi seniman bonsai dalam karya-karyanya. (AWB)

Saksikan juga vidionya di : https://www.youtube.com/watch?v=rG7vZdprFOY

Informasi, Penjualan dan Perawatan Bonsai

                                     Telp/WA: 081802721887



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

SENTRA BONSAI YOGYAKARTA - KIREINA BONSAI

Mencari sentra bonsai di Yogyakarta, Anda dapat mengunjungi KIREINA BONSAI yang beralamat di Jl. Wates KM. 7, Pasekan Kidul RT: 01/01, Bale...